Starlink Masuk Indonesia: Telkom Siapkan Gerbang Akses Internet Cepat

Kerjasama Strategis Telkom Indonesia dan Starlink

Berita Otoinfo– Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengungkapkan bahwa. Perusahaan internet satelit milik Elon Musk Starlink akan memulai penjualan layanannya di Ibu Kota Nusantara (IKN). Ternyata, PT Telkom Indonesia (Persero) telah menjalin kerja sama dengan Starlink. Telkom saat ini memiliki 9 stasiun bumi sebagai gateway akses internet ke satelit Starlink.

Kolaborasi Telkom dan Starlink

Arya Sinulingga menyatakan bahwa saat ini Telkom telah bekerja sama dengan Starlink, bahkan untuk memberikan akses internet kepada kapal-kapal melalui Telkomsel. Menurut Arya, kerja sama ini merupakan kolaborasi antara Telkom, Telkomsel, dan Starlink, yang merupakan skema bisnis yang menguntungkan kedua belah pihak.

Baca Juga:   AI dalam Ruang Kelas, Mengoptimalkan Pembelajaran atau Menghadirkan Ancaman

Fokus pada Bisnis ke Bisnis (B2B)

Arya menjelaskan bahwa meskipun ada aspek bisnis ke konsumen (B2C), harga layanan Starlink cukup tinggi sehingga tidak efisien untuk konsumen biasa. Namun kerjasama ini lebih difokuskan pada bisnis ke bisnis (B2B), yang tidak akan memberikan dampak besar pada persaingan bisnis.

Starlink Hadir untuk Akses Operator dan ISP

Sebelumnya, Direktur Wholesale & International Service Telkom, Bogi Witjaksono, mengungkapkan bahwa Starlink sudah masuk ke Indonesia melalui kerjasama dengan Telkom. Meskipun Starlink tidak langsung melayani konsumen, layanan tersebut telah digunakan untuk akses internet melalui operator seluler dan penyedia layanan internet di Indonesia.

Baca Juga:   Gadgetin : Hilangnya Konten Review Infinix Note 40 Pro

Telkom Siap Menyediakan Akses Internet Cepat

Telkom telah membangun 9 stasiun bumi sebagai gerbang akses internet Starlink di berbagai titik di Indonesia. Perangkat Starlink menyediakan akses internet cepat kepada perusahaan penyedia jaringan internet lokal, yang kemudian disalurkan kepada penduduk Indonesia. Kerjasama ini menandai langkah strategis Telkom dalam mendukung konektivitas internet di Indonesia melalui teknologi satelit.

Baca Juga:   AI dalam Ruang Kelas, Mengoptimalkan Pembelajaran atau Menghadirkan Ancaman